Ilmuwan Rancang Robot untuk Perah Racun Kalajengking

Share:

  • Peneliti merancang robot untuk mengekstrak racun kalajengking.
  • Robot ini diklaim mampu memerah racun lebih cepat dan aman.
Mengekstrak racun kalajengking bias jadi pekerjaan paling rumit dan mengancam nyawa. Sekelompok peneliti pun merancang robot yang didesain khusus untuk memerah racun kalajengking secara aman dan cepat.

Anggota tim peneliti Mouad dari Ben M'sik Hassan II University Maroko, Mouad Mkamel menuturkan robot ini mereka desain setelah menyadari banyaknya kendala dalam proses pemerahan racun kalajengking, mulai dari risiko tersengat sampai risiko melukai kalajengking yang diperah.

"Proses pemerahan racun kalajengking adalah tugas yang sangat sulit dan biasanya memerlukan dua orang pakar untuk melakukannya. Robot ini membuat pemerahan racun berlangsung cepat dan aman," kata dia, belum lama ini seperti dilansir Globalspec.com.

Pada pemerahan manual, seekor kalajengking akan dijepit pada tubuhnya dengan pinset dan bagian ekor untuk mengarahkan racun ke wadah. Selanjutnya kalajengking diberikan rangsangan untuk menyemprotkan racun yang tersedia. Metode ini tak hanya dapat membuat kalajengking stres atau terluka, namun juga membuat pengekstraksi rawan celaka bila sedikit saja lalai.

Robot yang mereka namai VES-4 melakukan pemerahan dengan menjepit ekor dan memberikan kejutan listrik ringan. Racun yang keluar kemudian dikumpulkan ke dalam satu wadah dan disimpan dengan aman. "alat ini bisa dijalankan oleh satu orang dengan menggunakan remot kontrol," tambah Mouad.

VES-4 saat ini sudah diujikan ke berbagai spesies kalajengking dan dapat diprogram ulang untuk menyesuaikan pengaturan untuk spesies yang berbeda. (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar