Tractor Beam ala Star Trek Bukan Lagi Impian

Share:

 
  • Tractor beam nyata ini bekerja dengan getaran suara untuk memindahkan objek. 
  • Saat ini perangkat eksperimental ini baru bisa memindahkan benda berukuran mungil.

Penggemar karya fiksi saintifik pasti sudah akrab dengan istilah tractor beam. Perangkat praktis yang berfungsi menarik obyek dengan gelombang khusus. Perangkat fantasi itu sekarang semakin dekat dengan kenyataan setelah beberapa peneliti menciptakan tractor beam sederhana.

Tractor beam asli ini sedikit berbeda dengan konsep tractor beam di kisah-kisah fiksi. Tim dari Universites of Bristol dan Sussex Inggris ini membangun tractor beam yang memanfaatkan gelombang udara beramplitudo tinggi dan menciptakan getaran akustik yang dapat menarik dan menggerakkan obyek.


Teknik itu dapat digunakan untuk memindahkan obyek yang diinginkan dan menatanya tanpa perlu kontak fisik. Ketua tim peneliti, Asier Marzo mengaku cukup senang dengan pencapaian timnya. Terlebih teknologi yang ditemukannya terbilang baru. “Adalah pengalaman mengagumkan saat melihat obyek yang tertahan oleh tractor beam. Seluruh kerja kerasku terbayar,” kata dia seperti dilansir Telegraph.co.uk beberapa waktu lalu.

Dosen Ultrasonik Universitas Bristol, Bruce Drinkwater menjelaskan, pihaknya sudah lama mengetahui bahwa gelombang suara dapat berefek pada benda fisik. Namun di penciptaan ini mereka berhasil mengontrol suara di tingkat yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Peneliti menggunakan rangkaian 64 speaker mini untuk menciptakan gelmombang suara berintensitas tinggi dan melengking. Gelombang penarik bekerja dengan menyelubungi obyek dengan suara berintensitas tinggi dan menciptakan tekanan yang membuat obyek tak bergerak. Dengan mengontrol output speaker, obyek itu dapat dihentikan, digerakkan atau diputar.

Tim itu juga menunjukkan tiga bentuk kekuatan akustk yang berbeda yang dapat berfungsi sebagai tractor beam. Yang pertama adalah gelombang akustik yang menyerupai bentuk jari atau sumpit. Yang kedua berbentuk pusaran akustik yang memerangkap benda. Bentuk ketiga berupa kandang yang membungkus obyek dan menggerakkannya ke berbagai arah.

Penelitian seputar gelombang akustik sebelumnya dilakukan dengan menempatkan speaker di sekitar obyek. Tahun lalu, Universitas Dundee mempresentasikan konsep tractor beam namun tak mampu menggunakannya untuk menggerakkan benda. Saat ini tractor beam dengan gelombang suara ini baru dapat menggerakkan partikel berukuran kurang dari satu milimeter. Meskipun demikian tim peneliti itu sekarang sedang mengembangkan meisn yang dapat mengangkat bola sepak.

Untuk mencapai level tractor beam seperti di film Star Trek mungkin masih membutuhkan langkah yang sangat jauh. Tapi ciptaan ini menunjukkan bahwa imajinasi yang tampaknya mustahil memiliki jalan untuk diwujudkan. (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar