Mobil Kimia UI Raih Best Economic Car

Share:
 
  • Tim UI menang berkat teknologi mobil yang ekonomis. 
  • Seluruh peserta kompetisi ini menggunakan reaksi kimia sebagai tenaga penggerak. 
Tim Fakultas Teknik Universitas Indonesia, menyabet gelar Best Economic Car di ajang Indonesia Chemical Engineering Car Competition (ICECC) 2018 yang diadakan di ITS Surabaya, Maret lalu.

Konsep mobil yang dibawa oleh tim FTUI adalah electrochemical sebagai energi penggerak serta bubble clock yang dimodifikasi untuk menghentikan mobil. Dengan mempertimbangkan faktor safety, mobil ini juga dilengkapi dengan safety relief untuk melepaskan tekanan ketika berlebih.

“Kunci utama kemenangan Rhino sebagai best economic car adalah mobil yang didesain dengan ringkas dan efisien. Terlebih seluruh bahan kimia yang digunakan dibawah 2% selain lebih ekonomis juga menjadi poin tambah di bagian safety,” tutur anggota tim Rhino yang berlaga di ajang ICECC 2018 seperti dilansir laman resmi UI.

ICECC 2018 merupakan salah satu ajang Chemical Engineering Car yang paling bergengsi di Indonesia. Kompetisi diikuti 20 finalis dari berbagai universitas yang sebelumnya telah diseleksi berdasarkan konsep dan safety analisis. Kompetensi utama dari lomba ICECC ini adalah kemampuan untuk mengontrol dan memprediksi reaksi. (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar