Memanggang Pancake Keren dengan PancakeBot

Share:
 
  • PancakeBot mampu membuat pancake dengan berbagai bentuk menarik. 
  • Alat ini sudah bisa dipesan secara online.
Bosan dengan bentuk pancake yang bundar? PancakeBot datang dengan solusi jitu. Alat ini menggabungkan teknologi 3D printing, printer, dan alat masak menjadi satu. Hasilnya adalah pancake dengan bentuk yang terserah pada imajinasi sang “koki”.
Dibuat oleh Miguel Valenzuela, PancakeBot diakuinya sebagai proyek iseng. Dalam laman Kickstarter-nya Miguel menjelaskan awal alat ini adalah kesalahpahaman dua putrinya ketika melihat dirinya membaca majalah sains. “Aku membaca berita tentang mesin pencetak pancake dari LEGO,” ujar Miguel ketika putri tertuanya, Lily bertanya.
Jawaban itu rupanya salah ditangkap oleh Lily dan dengan heboh kedua putrinya beranggapan Miguel akan membuat mesin pembuat pancake. Kehebohan itu lantas membuat Miguel benar-benar mewujudkan ide nyentrik ini dan menghabiskan enam bulan hingga PancakeBot benar-benar beroperasi maksimal.
Sederhananya, alat ini memencet tabung berisi adonan pancake ke wajan yang tersedia di bawahnya. Pola gerakan alat ini mengikuti prinsip alat 3D Printing yang bergerak dengan bebas. Untuk memprogram gambar yang bisa dibentuk PancakeBot, Miguel menyediakan perangkat lunak yang didesain khusus. Melalui software ini para pengguna bebas membuat desain pancake yang ingin mereka buat.

“Mendesainnya persis seperti anak SD ketika menjiplak gambar. Hasil jiplakan itu kemudian disimpan dalam memory stick dan dipasangkan ke PancakeBot. Alat ini akan melakukan sisanya. Tak perlu jago desain, tak perlu jago masak,” beber Miguel lebih lanjut.
Berminat untuk memesannya? PancakeBot saat ini sudah bisa dibeli melalui laman pancakebot.com. Varian teranyar mereka, PancakeBot 2.0 sudah bisa diboyong dengan menebus harga US$299 atau sekitar Rp4,1 juta belum termasuk ongkos kirim. (Gilang Jiwana/JIBI)

Tidak ada komentar