Helm Keren Seharga Motor Sport

Share:
 
  • CrossHelmet membuat penggunanya bisa melihat belakang dengan leluasa.
  • Harganya cukup mahal, nyaris setara motor sport baru.
Upaya membuat helm masa depan yang canggih terus dilakukan. Kali ini inovasi datang dari Tokyo, Jepang dengan helm bertajuk CrossHelmet. Kemampuan sudut pandang 360 derajatnya membuat pengguna motor semakin nyaman dan aman saat melibat jalanan yang ramai.

Kemampuan melihat 360 derajat ini dimungkinkan berkat kamera dengan lensa lebar yang ada di bagian belakang helm. Hasil tangkapan kamera ini akan diproyeksikan di kaca helm. Fasilitas ini nyaris menihilkan blindspot yang selama ini menjadi ancaman pengguna kendaraan bermotor.

Layar yang ada di bagian kaca juga menyediakan informasi tambahan seperti layar navigasi, jam digital, kondisi baterai dan kompas. Meskipun demikian tampilan ini nampaknya tak menyajikan informasi tentang kecepatan kendaraan.

Sebagaimana helm modern lainnya, CrossHelmet dibekali dengan perangkat Bluetooth yang akan mendukung sistem suara, mulai dari mengelola telepon masuk sampai mendukung komunikasi antar pengguna helm ini. Fitus audio ini dilengkapi dengan sistem Noise Cancelling yang dapat mengurangi kebisingan di jalanan namun tetap membuat penggunanya mampu mendeteksi suara-suara penting, seperti sirine dan klakson.

Sementara, demi memastikan keamanan terjamin helm ini juga sudah dilengkapi lampu LED di bagian belakang. Dengan begitu pengendara lain bisa mendeteksi keberadaan pengguna helm supercanggih berpenampilan futuristik.

Seluruh fitur itu bisa dikontrol dengan panel sentuh yang ada di sisi-sisi helm. Selain itu kontrol juga bisa dilakukan melalui ponsel pintar yang sudah terintegrasi dengan helm ini.

Jika ada kelemahannya, tak lain adalah bobot helm  yang lumayan bikin pegal. Helm ini memiliki berat 1,78kg, cukup melelahkan bila digunakan berlama-lama. Kelemahan lainnya adalah soal harga yang cukup fantastis. Satu unit helm yang masih dalam masa pengembangan ini rencananya baru bisa diboyong pada 2019 dengan harga sekitar Rp25 juta! (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar