Kompor Praktis buat Pencinta Petualangan

Share:


Suka kegiatan alam bebas dan suka masak? Perangkat yang satu ini bisa menjadi alternatif ketika kita akan berpetualang. Pasalnya, dalam satu set alat kita sudah bisa mendapatkan alat masak dan alat makan lengkap dengan kompornya.

Penggemar kegiatan alam bebas tentu tak asing dengan nesting. Perangkat berbahan metal ini praktis digunakan sebagai alat masak dan alat makan saat berada di luar ruang. Bentuknya juga ringkas dan mudah dibawa. Namun nesting yang ada di pasaran saat ini belum dilengkapi dengan kompor portabel. Mau tak mau kita membawa sendiri kompor portabel yang akan menghabiskan banyak tempat.

Berawal dari masalah ini, Arnaud Desseyn, seorang desainer asal Belgia merancang nesting yang sekaligus bisa menjadi kompor portabel berbahan bakar kayu atau dedaunan kering. Kombuis namanya.

Kombuis adalah perangkat masak lengkap yang terdiri dari kompor, panci, dan wajan mini yang sekaligus berfungsi sebagai penutup panci. Saat akan dibawa, kompor portabel ini bisa disimpan di dalam panci dan dikunci menjadi satu sehingga hemat ruang penyimpanan. Saat akan digunakan, pengguna tinggal membongkar paket alat masak ini dan merangkai komponen sederhana kompor agar bisa membuatnya membakar dengan suhu yang optimal.


Desain khusus Kombuis membuat kompor ini bekerja secara alami tanpa membutuhkan gas atau listrik. Prinsip kerjanya memanfaatkan aliran udara kaya oksigen yang masuk melalui celah di bawah kayu bakar dan mengalir ke tungku utama. Udara kaya oksigen inilah yang akan membawa api menyembur melalui tungku dan memanaskan panci yang diletakkan di atasnya. Karena hanya menggunakan bahan bakar organik yang mudah ditemukan di alam bebas, perangkat ini menjadi sangat cocok bila kita akan berpetualang di tempat yang banyak pepohonan atau semak-semak.


Meskipun sederhana, proyek yang saat ini masih dalam masa penggalangan dana di Kickstarter ini terbilang cukup mahal, sekitar Rp1,4 juta. Harga ini belum termasuk ongkir dari Belgia dan baru akan dikirimkan sekitar Juli 2018. Walaupun mahal, peminatnya rupanya lumayan membludak. Dari target penggalangan dana US$36.964, Kombuis sudah mengumpulkan dana sebesar US$41.775. Berminat memesannya? (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar