Indonesia Berjaya di Kompetisi Mobil Hemat Energi Internasional

Share:


  • Indonesia mendominasi gelaran Shell Eco-Marathon 2018 di Singapura. 
  • Tiga tim Indonesia juga menjadi yang tercepat dan akan mewakili Asia dalam Driver's World Championship di London, Juli 2018 mendatang. 

Indonesia berjaya dalam Shell Eco Marathon Asia 2018 yang digelar di Changi Exhibition Center, 8-11 Maret 2018. Di kategori Urban Concept Internal Combustion Engine (ICE), lima tim asal Indonesia menjadi pemuncak. 

Kelima tim itu adalah ITS Team 2 Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang menempuh jarak 315 km/liter, Semar Urban UGM yang menempuh jarak 267km/liter, Garuda UNY Eco Team dengan raihan 215 km/liter, Sadewa UI dengan 205 km/liter dan Bengawan Team 2 UNS yang menempuh 120km/liter bahan bakar. 

Di kelas tenaga baterai kategori yang sam, tiga tim Indonesia masuk dalam peringkat lima besar. Ketiganya adalah Nogogeni ITS Team 1 di peringkat kedua, Bumi Siliwangi Team 4 UPI pada peringkat ketiga dan Apatte 62 Team Universitas Brawijaya di peringkat keempat. 

Sementara untuk kategori Prototipe kelas Baterai, dua tim Indonesia, Semar Proto UGM dan Batavia Generation Team Universitas Negeri Jakarta menempati posisi keempat dan kelima. 

Ketua TIM Semar Proto UGM, Antonius Adhika seperti dilansir laman resmi UGM mengaku cukup puas dengan capaian ini karena kompetisi ini adalah debut kendaraan mereka. Adhika menuturkan, timnya sempat menghadapi kendala pecah bantalan ban belakang namun masih tetap bertengger di peringkat keempat. “ Saya kira capaian ini sudah cukup bagus, banyak pengalaman yang kita dapatkan untuk bahan perbaikan ke depan,” ungkap Antonius Adhika, Ketua Tim Semar, Selasa (12/3/2018)

Driver’s World Championship

Tak hanya di adu irit, tim Indonesia juga menyapu bersih gelar adu cepat Driver’s World Championship Asia 2018 di tempat yang sama. Dari tujuh tim yang berlaga menjadi yang tercepat,  Semar Urban UGM meraih posisi pertama, diikuti ITS Team 2 dan Garuda UNY Eco Team di peringkat kedua dan ketiga.

Berkat raihan ini, ketiga peserta tercepat ini akan mewakili Asia dalam Grandfinal Driver’s World Championship yang akan digelar di London, Juli 2018 mendatang. Mereka akan menghadapi perwakilan dari regional Amerika dan Eropa. (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar