Antisumbang dengan Subwoofer Personal

Share:

  • BackBeat merupakan subwoofer mini yang menempel di punggung.
  • Alat ini akan bergetar sesuai nada dan berfungsi layaknya monitor.
Bermain musik di panggung besar dengan penonton membludak terkadang membuat sang musisi, terutama basis, kehilangan jejak suara alat musiknya. Hal itu yang dialami Yerko Sepulveda. Dia pun membuat perangkat sederhana yang rupanya membuat banyak basis kepincut memboyongnya.

Yerko menamai alatnya BackBeat. Alat ini terinspirasi dari kendalanya saat konser dua tahun lalu. Dalam laman BackBeat di Kickstarter, Yerko mengakui saat itu dia kesulitan mengenali dentum bas yang dibetotnya di antara keramaian. Dari hal itu, Yerko merasa akan lebih mudah merasakan dentuman bas langsung di tubuh ketimbang mengandalkan telinga.

Setelah bereksperimen dengan beragam komponen, musisi yang sempat kuliah di University of Sydney, Australia ini menciptakan subwoofer personal yang melekat di tubuh. Dengan alat ini setiap tarikan senar bas akan terasa di punggung si musisi. BackBeat pun langsung setia menemaninya kemana pun dia manggung.erangkat ini rupanya menarik minat sejumlah musisi lain. Mereka langsung memesan alat serupa ke Yerko. Dari situ dia kemudian memutuskan memproduksi massal BackBeat.


Saat digunakan, BackBeat akan menempel pada strap bas dan melekat ke punggung musisi. Alat ini akan menghasilkan getaran sesuai nada yang dimainkan. Sebagai tambahan, BackBeat juga dilengkapi jack earphone untuk mendengarkan nada secara langsung. Sebagai tambahan, BackBeat juga bisa menerima input dari pemutar musik sebagai bahan latihan memainkan bas.

Saat ini perangkat ini masih dalam tahap penggalangan dana. Rencananya segera setelah diproduksi massal BackBeat akan dijual dengan harga sekitar Rp3 jutaan. (Purwarupa.net)

Tidak ada komentar