Sejarah SIM Card: Dulu Segede Kartu ATM

Share:
Dulu ukurannya segede kartu ATM (Enrichas)

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan kartu SIM atau SIM card. SIM card adalah singkatan dari Subscriber Identifcation Module Card alias kartu modul identifikasi pelanggan. Fungsinya sebagai pengidentifikasi data pengguna yang memungkinkan kita memanfaatkan layanan penyedia jasa operator telekomunikasi.

Saat ini, kartu SIM yang terpasang di ponsel kita kebanyakan berukuran kecil, sekitar ukuran kuku jari tangan. Namun di zaman awal kemunculannya, kartu SIM bisa mencapai ukuran kartu ATM!

Dari penelusuran Purwarupa, sejarah kartu SIM tak lepas dari hadirnya jaringan GSM atau Global System for Mobile Communication. GSM adalah protokol yang sengaja disediakan untuk menhubungkan telepon generasi kedua atau 2G yang berciri khas tanpa kabel. Jaringan ini pertama kali diperkenalkan pada era 1980-an.

Pada 1987, Uni Eropa mengeluarkan perintah untuk membuat GSM sebagai jaringan standar di seluruh Eropa. Setelah GSM ditetapkan sebagai jaringan standar, maka seluruh masyarakat pun bisa saling berkomunikasi lewat telepon seluler. Tak lama setelah sistem ini disahkan, lahirlah kartu SIM.

Kartu SIM tercipta pada 1991. Alat ini merupakan bagian terpenting dari jaringan GSM. SIM card dari sirkuit yang saling terintegrasi, modul ini menyimpan informasi yang dibutuhkan untuk autentifikasi dan memungkinkan pengguna terhubung dengan jarinan GSM. Setiap kartu SIM memiliki nomor seri dan informasi jaringan. Penggunanya pun bisa melepasnya dari satu ponsel ke ponsel lain tanpa harus mendaftarkan ponselnya.

Saat pertama kali dikenalkan, ukuran kartu SIM masih sebesar kartu ATM. Namun seiring tuntutan untuk ponsel yang lebih ringkas, ukuran kartu SIM semakin mengecil. Kemampuannya pun ikut berkembang. Bila SIM zaman dulu hanya bisa menyimpan identitas pengguna, maka SIM saat ini bisa juga menyimpan dafar kontak, daftar pesan, pengaturan dan berbagai aplikasi bawaan.

Seiring masuknya era smartphone, tuntutan ukuran SIM membuatnya semakin menyusut demi tubuh ponsel yang semakin ramping. Maka saat ini muncul kartu SIM berukuran mikro dan nano. Ukuran ini menjadi keunggulan karena pembuat ponsel tak lagi perlu menyiapkan tempat besar untuk menyelipkan kartu SIM. Beberapa provider saat ini bahkan sudah menawarkan SIM virtual yang tak lagi memerlukan kartu fisik. Meskipun demikian, jejak ukuran asli SIM card masih bisa kita lihat jika kita membeli kartu perdana. Lembaran plastik lebar yang mengelilingi kartu SIM yang kita beli adalah ukuran SIM card di zaman dahulu.



Tidak ada komentar