Kisah Penciptaan Pita Lengket Selotip

Share:

Alat tulis dan kantor yang satu ini pasti ada di rumah atua meja keja. Ya, selotip, beberapa orang menyebutnya isolasi. Pita plastik berperekat ini pasti sudah pernah menyelamatkan hari kita dengan berbagai cara. Baik menyambung yang terputus sampai menempelkan sesuatu.

Hasil penelusuran Purwarupa menyatakan selotip yang ada saat ini ternyata sudah ada sejak hampir seabad silam. Selotip lahir dari tren pengecatan mobil sekitar era 1920-an. Saat itu model cat mobil dua warna sedang populer. Namun para juru cat kebingungan lantaran membuat pemisah cat yang rapi merupakan tantangan tersendiri.

Melihat kendala itu, seorang ilmuwan yang bekerja untuk Minnesota Mining & Manufacturing (3M) di Amerika Serikat, Richard Drew menciptakan masking tape. Sebuah kertas berperekat yang bisa menangkal cat dan mudah dikelupas tanpa meninggalkan jejak.

 Ide itu sukses besar dan membuat produknya banyak digunakan banyak orang. Kesuksesan itu kemudian membuatnya mendapatkan ide lain. Dia ingin membuat pita perekat yang transparan sebagai pengganti lem.

Gagasan tersebut muncul setelah plastik chellophane yang saat itu dipromosikan untuk membungkus makanan populer. Saat itu untuk merekatka chellophane masih dibutuhkan pita perekat yang tak transparan. Drew pun tertantang untuk membuat pita perekat transparan untuk mendukung produk chellophane.

 Yang jadi masalah, membubuhkan perekat ke chellophane rupanya tak semudah menempelkannya ke kertas seperti masking tape. Ketika diberi bahan perekat yang sama, chellophane malah rusak. Mau tak mau mereka pun mesti mencari bahan perekat baru yang bisa dipadukan.

Saat akhirnya pita perekat itu berhasil diciptakan, chellophane pembungkus makanan sudah menemukan solusi untuk merekatkannya, yaitu lewat udara panas. Untung Drew dan timnya tak menyerah. Pita perekat temuannya dialihfngsikan, tak lagi sebagai perekat untuk membungkus makanan, tapi perekat untuk alat kantor. Pita itu pun dinamakan Scotch Tape.

Yang unik, istilah selotip yang biasa kita gunakan untuk menyebut pita perekat ini rupanya berasal dari merk Sellotape, merk dagang pita perekat berbasis chellophane di Inggris. Sellotape muncul pada 1937. Saking populernya, warga Inggris sampai saat ini menyebut pita perekat dengan sebutan Sellotape.

Tidak ada komentar