Robot Sekarang Bisa Punya Kulit Mirip Manusia

Share:
HOUSTON - Apa jadinya kalau robot punya "kulit" yang bisa merasakan berbagai sensasi seperti kulit manusia? Sekelompok peneliti dari Universitas Houston AS rupanya sudah berhasil menjawab pertanyaan ini dengan membuat kulit robot yang bisa merasakan rangsangan sentuhan.

Kulit buatan ini terdiri dari rangkaian elektronik elastis yang memungkinkan tangan robot merasakan sensasi panas dan dingin. Para ilmuwan yang terlibat proyek ini optimistis perangkat ini ke depan juga bisa digunakan untuk keperluan medis.

Inovasi yang dimuat di jurnal Science Advances ini mendeskripsikan mekanisme baru dalam memproduksi perangkat elektronik elastis, proses yang bergantung pada material yang sudah ada dan dapat diproduksi secara massal.

Asisten Profesor Teknik Mesin Universitas Houston, Cunjiang Yu dan Bill D. Cook menyebutkan dalam laporannya, karyanya ini adalah karya pertama yang menciptakan lapisan semikonduktor dalam lembaran komposit karet. Teknologi ini memungkinkan komponen elektronik tetap bekerja meskipun materialnya sudah molor lebih dari 50%

Hal ini menjadi terobosan lantaran material semikonduktor yang ada saat ini sangat rapuh dan memasangnya di material yang elastis membutuhkan sistem yang kompleks, tak stabil, dan mahal. "Strategi kami memiliki keunggulan untuk kemudahan produksi, sangat terintegrasi, kuat, dan murah," kata Yu.

Semikonduktor elastis ini menggunakan material berbahan silikon yang disebut polydimethylsiloxane atau PDMS yang ditanami kabel nano untuk menghubungkan arus listrik. 

Untuk mendemonstrasikan perangkatnya, tim peneliti ini memasang kulit ini pada robot tangan dan memberikan rangsangan air panas dan dingin dalam gelas. Hasilnya, kulit ini mampu menerjemahkan rangsangan yang didapatkannya dan mengomunikasikannya lewat bahasa isyarat.

Di masa depan, temuan ini diharapkan dapat digunakan untuk berbagai perangkat elektronik yang melekat pada manusia, seperti pemantau kesehatan, implan medis, dan antarmuka manusia-mesin. 

Tidak ada komentar