NASA Masukkan Starman dalam Daftar Celestial Object

Share:

(SpaceX)
FLORIDA - Masih ingat dengan kisah Starman dan Tesla Roadster merahnya? Sepaket muatan yang dibawa roket super milik perusahaan antariksa SpaceX, Falcon Heavy itu kini tengah mengapung di luar angkasa setelah dilontarkan menuju Mars, meskipun belakangan diketahui jalurnya meleset dan terancam terombang-ambing selamanya di antariksa.

Keberadaan Starman dan Tesla Roadster di antariksa kini membuatnya secara resmi diakui sebagai objek antariksa atau objek selestial oleh NASA, setara dengan seluruh objek lain yang ada di luar Bumi. Ephemeris atau catatan perjalanan Starman yang meliputi tabulasi posisi dan kecepatannya sudah masuk dalam direktori NASA HORIZONS.

Jika penasaran, kita bisa mengakses data ephemeris Starman di link ini. Dalam ephemeris termutakhir yang diakses Purwarupa, posisi Starman sudah terprediksi sampai dengan 11 Maret 2018.

Tak hanya itu, saking detailnya data dalam catatan yang dirilis NASA, kita juga bisa tahu rupanya Starman tak sendirian dalam petualangannya. Bersama paket itu juga ada model HotWheels berupa miniatur Tesla Roadster lengkap dengan Starman mini di dalamnya. Terdapat pula kopian novel Foundation karya Isaac Asmiov yang turut terbawa.



Tidak ada komentar