Mahasiswa UGM Kembangkan Platform Budidaya Ikan

Share:
JOGJA - Kebutuhan informasi di dunia perikanan dan besarnya minat masyarakat di bidang ini membuat empat mahasiswa UGM meluncurkan platform online perikanan. platform itu mereka namai Kolamkita.

Keempat mahasiswa UGM itu adalah Sahala Wahyu Wardana dan Ema Nur Afifah yang merupakan mahasiswa Fakultas MIPA serta Kharirotul Suhaila dan Rasyidin Caniago dari Fakultas Pertanian.

Kolamkita merupakan website yang dikembangkan untuk memberikan beragam informasi seputar dunia perikanan. Laman itu menampilkan beragam layanan, mulai dari layanan konstruksi kolam sampai teknik budidaya. Selain itu mereka juga memberikan informasi budidaya ikan dengan memanfaatkan teknologi terkini sampai memberikan layanan pasca panen.

Suhaila seperti dalam press release UGM menuturkan pengembangan platform ini merupakan bentuk keprihatinan karena banyak masyarakat yang ingin membudidayakan ikan namun bingung bagaimana harus memulainya. "Belum lagi bingung cara memasarkannya pasca panen," kata dia, belum lama ini.

Melalui satu platform ini, seluruh kegelisahan para pembudidaya diharapkan bisa terjawab. Mereka juga bisa saling bertukar informasi seputar teknik budidaya yang terbaik untuk setiap jenis ikan air tawar.

(UGM)
Suhaila menambahkan, meskipun saat ini situs mereka sudah online, namun layanan mereka masih dalam tahap pengembangan. Rencananya fitur penuh platform ini akan dirilis pada pertengahan 2018. Walaupun begitu, ide mereka sudah cukup untuk mengantarkan keempatnya memperoleh medali emas dan special award dalam Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition yang digelar pada 2-6 Februari 2018 lalu di Thailand. (Purwarupa)

Tidak ada komentar