CBT SBMPTN Bakal Bisa Dilakukan Via HP

Share:


BANDUNG-Seolah tak mau ketinggalan memaksimalkan teknologi mobile, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) tengah diproyeksikan untuk bisa dilakukan lewat ponsel.

Panitia CBT SBMPTN 2018 belum lama ini, Sabtu (3/2/2018) mengenalkan metode ujian baru dengan menggunakan perangkat mobile. Jika tidak ada kendala dan uji coba berjalan lancar, maka sistem baru ini rencananya bisa diaplikasikan pada SBMPTN 2018 yang akan berlangsung 8 Mei mendatang.

Uji coba aplikasi yang dinamaiMobile Assisted Testing (MAT) SBMPTN 2018 itu dilangsungkan di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajaran Bandung. Puluhan perwakilan tenaga kependidikan dari lingkungan Unpad dilibatkan untuk menjajal langsung keandalan aplikasi ujian lewat ponsel ini.

Seperti dilansir laman Unpad,  aplikasi MAT SBMPTN ini memberikan kemudahan bagi peserta SBMPTN dalam mengerjakan ujian. Pada hari-H, peserta tinggal mengunduh aplikasi MAT Tools pada lanan cbt.sbmptn.ac.id. Namun sebelum mengunduh, ada beberapa ketentuan yang harus disesuaikan pada gawai milik peserta.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, perangkat mobile minimal harus dibekali sistem operasi Android KitKat (API 19) dan memiliki RAM minimal sebesar 1,5GB. Selain itu, gawai juga mesti memiliki ukuran layar minimal 4,5 inci dengan wireless protocol 802.11n atau 802.11ac. Untuk menjamin kemudahan akses dan menjawab pertanyaan, perangkat berukuran layar 4,5 inci-6,9 inci setidknya harus memiliki resolusi minimal 720x960 pixel dengan kerapatan 240 dot per inch (dpi). Sedangkan bila gawai sudah memiliki layar lebih dari 7 inci, maka resolusi minimal yang dibutuhkan sebesar 600×960 pixel dengan kerapatan 160 dpi.

Yang tak kalah penting, kondisi baterai gawai mesti dalam kondisi yang baik. Panitia juga menyarankan peserta membawa sendiri power bank selama ujian sebagai cadangan jikalau gawai mendadak kehabisan daya.

Tidak ada komentar